Hadits ke-3
Bersedekah Sepotong Kurma  

3
4062

Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

«اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ»

 “Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”.

( Hadits Shahih, Riwayat Bukhari dan Muslim. Lihat Shahiihul jaami’ no. 114)

  • Penjelasan

Allahu Akbar.. betapa indahnya syariat islam. Tidak ada satu sebab pun yang berpotensi untuk mengantarkan manusia kepada syurga dan menjauhkan dari api neraka melainkan telah dijelaskan oleh Allah dan Rosul-Nya shollahu ‘alaihi wa sallam.

Seperti hadist ini, yang berisi anjuran bersedekah –yang merupakan sebab dijauhkan dari api neraka- meski dengan hal-hal yang dianggap remeh oleh sebagian manusia.

Bukan terbatas pada kurma saja. Akan tetapi, mencakup sedekah secara umum. Bahkan, sesuap makanan yang dibelikan suami kepada istrinya juga termasuk sedekah. Adapaun penyebutan kurma dalam hadist ini adalah karena kurma merupakan makanan pokok penduduk Hijaz (Madinah, Mekkah dan sekitarnya).

Dalam riwayat lain terdapat tambahan :

فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ

“Bila kalian tidak memiliki sesuatu yang bisa disedekahkan meski separuh kurma) maka (jaga diri kalian dari neraka) dengan kata-kata yang baik”.

Subhanallah. Ketika ada seorang peminta sedekah dan kita tidak memiliki sesuatu yang disedekahkan, maka jangan cerca dia dengan kata-kata yang buruk. Akan tetapi, berkatalah yang baik yang bisa menyuejukkan perasaannya (karena tidak ada sedekah) karena hal itu bisa menjadi sebab kita terjaga dari api neraka.

Dan “perkataan baik” disini bersifat umum. Bisa berupa kalimat yang berisi petunjuk, atau penyelesaian sebuah permasalahan, atau perbaiakan hubungan anatara dua pihak yang berselisih, atau kalimat penenang bagi orang yang sedang marah, dll.

Oleh karenanya, marilah kita saling berlomba-lomba dalam perbuatan kebajikan selagi masih diberi kesempatan untuk beramal di dunia ini, khususnya di bulan Ramadhan nanti. Jangan malu-malu untuk bersedekah. Iringi sedekah anda dengan rasa ikhlas hanya untuk Allah dan berharap semoga Allah menerimanya sehingga bisa menjadi sebab dijauhkannya anda dari api neraka.

Ditulis Oleh

Ustadz Ridwan Arifin, Lc

3 COMMENTS

TULIS BALASAN