Rasulullah   [Islamic phrases=”Shallallahu ‘alaihi wa Sallam”]z[/Islamic] bersabda:

[arabic-font span=”yes”]«أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ تَحَابُّوا»[/arabic-font]

“Sebarkanlah salam diantara kalian, niscaya kalian akan saling mencintai”.

(Hadits Shahih, Riwayat al-Hakim, Lihat Shahiihul jaami’ no. 1086).

  • Penjelasan

Hadits tersebut berisi anjuran untuk saling mengucapkan salam di antara sesama muslim. Makna dari ucapan salam adalah sebuah doa bagi orang yang diberikan salam kepadanya agar dia selamat dari segala macam keburukan, baik berupa penyakit, kejahatan orang lain, kemaksiatan, dan lain-lain. Oleh karena itu, ucapan salam merupakan sesuatu yang disyariatkan di dalam agama islam.

Disebutkan dalam hadits tersebut bahwa dengan menyebarkan salam terbentuklah rasa saling mencintai di antara kita. Karena, hakikat salam adalah doa kebaikan yang diberikan kepada orang yang disalami.

Berikut ini beberapa adab berkenaan dengan salam :

  1. Memulai memberikan salam adalah lebih baik
  2. Orang yang menaiki kendaraan sebaiknya memulai memberikan salam kepada yang berjalan kaki. Orang yang berjalan kaki sebaiknya memulai memberikan salam kepada yang duduk. Kumpulan orang yang lebih sedikit sebaiknya memulai memberikan salam kepada yang lebih banyak. Dan, orang yang lebih muda sebaiknya memulai memberikan salam kepada yang lebih tua.
  3. Salam diberikan kepada orang yang dikenal maupun orang yang tidak dikenal
  4. Apabila diberikan salam, maka wajib menjawab salam tersebut. Minimal membalas dengan lafadz salam yang serupa, dan lebih baik lagi jika dengan lafadz yang lebih sempurna.

Ditulis Oleh

Ustadz Riki, Lc.

Tidak Ada Komentar

TULIS BALASAN